. Latar Belakang:
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin dalam hal ini adalah computer agar
dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Ada
beberapa bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain system pakar,
permainan computer, robotika dan jaringan syaraf tiruan.
Perkembangan kecedasan buatan dalam bidang
permainan computer atau yang sering disebut games berkembang
dengan sangat pesat. Sudah banyak sekali games yang memiliki
kecerdasan. Memiliki kecerdasan disini maksudnya adalah pada permainan tersebut
memiliki karakter yang dikendalikan oleh computer.
Othelo merupakan game mengandalkan strategi.
Pada permainan ini terdapat pemain yang terdiri dari Player dan AI.
Othello juga membutuhkan ketelitian, di mana pemain harus teliti dalam
mengawasi sebuah titik tempat Anda akan menempatkan biji othello.
Pada dasarnya game ini adalah game strategy yang bilamana ingin
memenangkannya harus mengalahkan lawan. Pada game ini mempunya 2 buah bidak
dengan warna yang berbeda dan papan bidak dengan luas 8×8 .
1.
Identifikasi ruang
keadaan
Terdapat 1 papan bidak ukuran 8×8 dengan 4 bidak yang memiliki 2
warna berbeda.
2. Keadaan awal dan tujuan
Keadaan awal
: terdapat 4 bidak
dengan 2 warna berbeda
Keadaan
akhir : menghitung
jumlah bidak masing masing warna untuk menentukan pemenangnya
3. Aturan-aturan
Untuk cara bermain dengan melongkapi warna bidak lain dengan
mengganti menjadi warna bidak sendiri sampai terpenuhi atau salah satu bidak
yang mendominasi semua.
Gambar 1. Tampilan awal permainan
Permainan di mulai dari bidak putih, dimana
bidak putih adalah milik pemain dan bidak hitam milik AI. Lalu
setelah bidak putih jalan, maka selanjutnya bidak hitam yang akan mendapatkan
giliran jalan. Bidak putih dan hitam berjalan bergantian hingga semua kolom
yang ada terisi penuh oleh bidak putih dan bidak hitam. Setelah semua kolom
terisi ,maka jumlah bidak putih dan hitam akan di hitung. Dan yang paling
banyaklah yang akan memenangkan permainan ini.
Berikut adalah output jika pemain menang atau
kalah.
Gambar 2. Tampilan jika pemain menang
Gambar 3. Tampilan jika pemain kalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar